Sejarah

dr. H. Ahmad Qoyyim, MARS.

Bismillahirrohmaanirrohiim…

Dalam upaya pengadaan tenaga kesehatan yang profesional untuk memenuhi kebutuhan pelayanan tenaga kesehatan tersebut tidak tersedia dalam pasaran tenaga kesehatan yang ada. Hal ini memacu Yayasan Pendidikan dan Kesehatan An Nasher Cirebon untuk kontribusi ikut serta dalam penyelenggaraan pendidikan yang diberikan Pemerintah untuk mengelola Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan An Nasher dengan Program Studi Farmasi serta Tehnik Radiodiagnostik dan Radioterapi.

Kemudian Undang-undang No. 36 tahun 2009 tentang kesehatan menyebutkan bahwa pelayanan kesehatan hanya dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan yang mempunyai keahlian dan kewenangan untuk itu, oleh karena itu maka tenaga kesehatan yang akan dihasilkan minimal pendidikan Diploma III, sejalan dengan peningkatan dan perkembangan ilmu dan teknologi bidang kesehatan dan berbagai regulasi bahwa tenaga kesehatan harus minimal ahli madya kesehatan maka saat ini akan dikembangkan pendidikan Program Diploma III oleh Yayasan Pendidikan dan Kesehatan An Nasher Cirebon.

Di Indonesia saat ini belum banyak Program Diploma III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi serta Farmasi yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat, karena itu minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke Diploma III tidak ada lembaga pendidikannya, padahal kebutuhan tenaga tersebut masih sangat tinggi. Karena itu tenaga lulusan Diploma III tersebut sangat dibutuhkan di berbagai institusi pelayanan kesehatan, sehingga pelayanan yang profesional di bidang kesehatan dapat terpenuhi dan akhirnya akan membantu meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Berdirinya STIKes An Nasher Cirebon dilatarbelakangi oleh minat masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang kesehatan, masih kurangnya tenaga kesehatan khususnya di bidang Farmasi, Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi, serta jarangnya pendidikan kesehatan tersebut yang berada di lingkungan pondok pesantren.

Dari analisa Departemen Penelitian Pengembangan Yayasan Pendidikan dan Kesehatan An Nasher kebutuhan akan lulusan tenaga kesehatan di bidang Farmasi, Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi masih banyak dibutuhkan khususnya di Wilayah III Cirebon serta Jawa Barat pada umumnya. Hal ini juga merupakan hasil dari diversifikasi Akademi Analis Kesehatan An Nasher yang telah beroperasi dari tahun 2004 sampai sekarang yang telah memproduksi tenaga analis kesehatan sebanyak ratusan orang lulusan yang tersebar di rumah sakit pemerintah maupun swasta, puskesmas, laboratorium klinik yang tersebar di wilayah Indonesia. Alhamdulillah pada Juli 2014 Akademi Analis Kesehatan An Nasher mendapatkat nilai B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) ini menunjukan proses pendidikan di AAK An Nasher berjalan dengan baik, karena didukung oleh sarana dan prasarana yang sesuai standar regulasi diantaranya luas lahan kampus ± 7 Ha, 8 (delapan) laboratorium yang berisi peralatan laboratorium yang berstandar, tenaga dosen berijasah S2 berkualitas dari lulusan berbagai Universitas.

Berdasarkan hal tersebut maka Yayasan Pendidikan dan Kesehatan An Nasher mengajukan permohonan pendirian STIKes  An Nasher ke Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI pada tanggal 1 Oktober 2010. Kemudian pada tanggal 5 Mei 2011  melaksanakan presentasi tahap pertama di Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan divisitasi pada tanggal 28 Juli 2011, yang selanjutnya pada tanggal 10 Agustus 2011 mendapat rekomendasi tentang pendirian STIKes An Nasher  dari Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dengan nomor : 3766/K4/KL/2011 tentang Rekomendasi pendirian PTS baru STIKes An Nasher Cirebon. Setelah turun  rekomendasi dari Kopertis, kemudian melaksanakan presentasi tahap ke dua di Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI pada tanggal 10 Januari 2013, dan di visitasi oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI pada tanggal 5 Mei 2014. Akhirnya pada tanggal 18 Juli 2014 turun izin pendirian STIKes An Nasher Cirebon melalui surat keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI nomor : 257/E/0/2014 tentang izin pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan An Nasher Cirebon yang terdiri dari Program Studi S1 Farmasi dan Program Studi Diploma III Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi.

Yayasan Pendidikan dan Kesehatan An Nasher Cirebon saat ini diketuai oleh dr. H. Ahmad Qoyyim, MARS., adalah sebuah badan hukum yang bergerak dalam sosial kemasyarakatan melaksanakan pengabdiannya di bidang pendidikan dan kesehatan bercita-cita mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan dengan Program Studi baru yaitu Diploma Tiga Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi serta Farmasi jenjang S1 yang penyelenggaraannya mulai tahun akademik 2015/2016.