5 Mei Hari Bangga Buatan Indonesia 2021

Cirebon – Hari ini Rabu, 5 Mei 2021 telah dinyatakan secara resmi oleh Kementrian Pendagangan RI sebagai Hari Bangga Buatan Indonesia. Melalui Siaran Pers Bersama Kementrian Perdagangan RI dan Kementrian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta kemarin, 3 Mei 2021.

Siaran Pers No.162/HM/KOMINFO/05/2021

Rabu, 05 Mei 2021

Tentang

5 Mei Hari Bangga Buatan Indonesia, Menkominfo: Wujud Keberpihakan Atas Produk Dalam Negeri

Pemerintah dan komunitas penyelenggara e-dagang atau e-commerce menyepakati tanggal 5 Mei sebagai Hari Bangga Buatan Indonesia sebagai wujud keberpihakan terhadap produk dalam negeri. Pemerintah juga menyediakan subsidi ongkos kirim gratis bagi konsumen yang melakukan belanja daring dari tanggal 5 s.d. 13 Mei 2021.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan penetapan HBBI menjadi wujud keberpihakan Pemerintah dan ekosistem digital atas hasil karya kreatif anak bangsa, terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Sebagai ungkapan kebanggaan atas UMKM dan hasil karya-karya kreatif anak-anak bangsa, harus bisa ditransmisikan secara khusus oleh e-Commerce Indonesia untuk meningkatkan demand side di dalam negeri, yaitu pembeli dan konsumsi dalam negeri,” jelasnya dalam program Prime Talk Metro TV “Gerakan Bangga Buatan Indonesia”, dari Jakarta, Selasa (04/04/2021) kemarin.

Menkominfo menyatakan penyelenggaraan Gerakan Bangga Buatan Indonesia yang bertepatan dilaksanakan di Bulan Suci Ramadhan ini diharapkan dapat memberikan banyak berkah di sektor e-dagang Indonesia.

“Dengan adanya Hari Bangga Buatan Indonesia atau HBBI, pengguna e-commerce diharapkan lebih memilih produk dalam negeri daripada produk luar negeri. Kita harapkan tentu dalam tahapannya nanti, kita akan mengisi pasar-pasar internasional,” harapnya.

About admin

Check Also

HUT Tentara Nasional Indonesia ke-76

“Selamat HUT TNI yang ke 76 tahun 2021. Kuat, jaya, dan profesional selalu TNI, sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *