Seminar Pendampingan Usulan Jabatan Akademik Dosen

Majalengka, Juni 2022. Dalam rangka memenuhi undangan seminar Lembaga Layanan Dikti Wilayah IV Jabar dan Banten untuk kampus area regional Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan), STIKES An Nasher Cirebon menugaskan Operator JAD dan Tim Penilai JAD Internal untuk menghadiri acara tersebut yang diselenggarakan atas kerjasama LLDIKTI Wilayah IV dengan Universitas Majalengka.

Acara yang diselenggarakan Hari Rabu, 22 Juni 2022, dimulai pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB, diawali dengan Sambutan dari Koord. Pendidikan dan Tendik LLDIKTI IV, Ibu Gina Indriani, S.Si., M.T. selaku Ketua Panitia, dilanjutkan dengan Sambutan dari Rektor Universitas Majalengka, Bpk. Dr. Indra Adi Budiman, M.Pd. selaku tuan rumah, kemudian Sambutan sekaligus membuka acara oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Bpk. Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T.

Dalam sambutannya, Pak “Kalem” sebutan Kepala LLDIKTI, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan kinerja dan mutu dosen dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Data menyebutkan bahwa dari 26.700-an jumlah dosen tetap di lingkungan LLDIKTI IV, terdapat 40% belum memiliki jabatan fungsional, 0.6% jabatan Profesor/Guru Besar, dan sisanya Asisten Ahli
(AA), Lektor (L), dan Lektor Kepala (LK). Bahkan banyak yang masih AA dengan masa kerja lebih dari 5 tahun.

Beliau menambahkan, pengelolaan perguruan tinggi bermutu dimulai dari 2 poin penting, yaitu:

  1. Investasi Sumber Daya Manusia, yang memenuhi aspek kuantitas dan kualitas (kualifikasi dan jenjang karir)
  2. Taat Azas dan Taat Mutu, dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yakni pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Karir akademik mutlak milik dosen, dan kita harus menjadi katalisator bagi dosen dan perguruan tinggi”

Semakin kita memudahkan urusan orang lain, maka Allah SWT. akan memudahkan urusan kita…“, demikian beliau menutup sambutannya.

Pada sesi berikutnya, narasumber pertama yaitu Prof. Dr. Hj. Dewi Laelatul Badriah, M.Kes., AIFO memaparkan tema tentang Karya Tulis Ilmiah untuk Pengusulan JAD. Didampingi oleh moderator Dr. Ayu menjelaskan latar belakang narasumber adalah Guru Besar di lingkungan LLDIKTI Wil. IV, dan seorang pakar Fisiologi Olahraga. Segudang prestasi pernah diraihnya, diantaranya adalah sebagai Ibu Teladan Indonesia tahun 2003, Wisudawan Terbaik S1, S2, S3, dan banyak lagi. Beliau saat ini sebagai Asesor BKD di LLDIKTI Wil. IV, dan Bendahara Paguyuban Profesor LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten.

Beliau menyampaikan untuk menjadi Guru Besar haruslah diniatkan dari awal menjadi dosen, fokus, dan mengikuti perkembangan dunia pendidikan dengan cara banyak membaca (membuka seluas-luasnya kemampuan iqro). Berlatih menulis karya ilmiah, menjadi pembicara/narasumber di tingkat lokal, regional, nasional, bahkan internasional.

Pada sesi terakhir, narasumber kedua Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd. didampingi oleh moderator Deni Herdiana, S.IP, M.Si. memaparkan latar belakang narasumber sebagai Wakil Rektor IKIP Siliwangi, sebelumnya Ketua Program Studi S2 Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi, dan sekarang menjabat sebagai Tim Verifikasi Usulan JAD LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat, akan menyampaikan materi tentang Panduan Operasional Penilaian Angka Kredit Tahun 2019.

Banyak ilmu yang diperoleh selama mengikuti acara tersebut, utamanya untuk kemajuan kampus dan jenjang karir dosen.

Semangat terus dalam mendidik generasi bangsa dengan menyampaikan yang baik, mempublikasikan karya yang baik, di tempat yang baik, dengan cara yang baik, agar menghasilkan banyak hal baik. (Dewi Laelatul Badriah)

About admin stika

Silahkan cek disini...

Pelatihan Kepemimpinan Dasar BEM

Ponpes Tarbiyatul Banin Kaliwadas, November 2022 LATAR BELAKANG Organisasi merupakan wadah seseorang atau individu dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *